Ternyata Begini Cara Membuat Kripik Tette Ala Desa Pakong

     Desa pakong merupakan desa yang berada di dataran tinggi di kabupaten pamekasan dengan sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani. Salah satu hasil pertanian di desa pakong adalah singkong.

     Beberapa masyarakat desa pakong mengembangkan hasil pertanian khususnya singkong menjadi bahan dasar olahan kripik.  Keripik singkong atau kripik tette dalam bahasa madura sudah menjadi salah satu camilan khas madura.

     Sebut saja Ibu Fadhilah yang merupakan salah satu produsen kripik tette yang mampu memproduksi sebanyak 1000 lembar kripik mentah setiap harinya. Keahlian ini sudah beliau dapatkan sejak turun-temurun sebagai mata pencaharian.


     Pada proses pengolahannya, singkong dari hasil pertanian direbus terlebih dahulu. Kemudian diiris-iris memanjang dan diletakkan di atas batu untuk proses penggepengan. Singkong ditumbuk dengan batu hingga berbentuk lembaran-lembaran. Hasil penggepengan kemudian dijemur hingga kering. Jika tidak mendung, proses penjemuran bisa berlangsung hanya dalam satu hari.



     Secara sederhana, hasil olahan keripik singkong khas madura ini bisa langsung di goreng dan dimakan dengan sambel petis atau kacang.

0 komentar:

Post a Comment