Ternyata, Surganya Pertanian Madura ada di Desa Pakong

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, serta segala puji kita panjatkan atas nikmat sejahtera yang telah Dia berikan. Kali ini penulis akan berbicara soal pertanian dan kebetulan juga penulis masih stay di Desa Pakong tercinta dalam rangka Kuliah Kerja Nyata.

Indonesia adalah negara agraris (negara yang maju pertaniannya) dan telah menjadi negara produsen beras ketiga dunia setelah China dan India. Kontribusi Indonesia terhadap produksi beras dunia kira-kira sebesar 8,5 % (51 juta ton). Setelah mengetahui hal tersebut, saya rasa cukup untuk menambah kebanggaan kita sebagai rakyat Indonesia dan sebagai petani. Berbicara soal kebanggaan, Desa Pakong merupakan desa dengan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Dengan wilayahnya yang berada di dataran tinggi, Desa Pakong sangat memungkinkan untuk menjadi lahan pertanian yang baik. Untuk cocok tanam di dataran tinggi seperti desa pakong sedikit berbeda dengan para petani pada umumnya, masyarakat di Desa Pakong juga banyak yang menanam jenis tanaman tunggal pada satu lahan tertentu seperti tanaman singkong, talas, kacang-kacangan, dan tanaman-tanaman lainnya. Hal ini sudah sewajarnya jika banyak sekali jenis tanaman yang bisa ditanam di dataran tinggi dengan suhu udara dan tanah yang sangat mendukung.

Berikut adalah beberapa tanaman pertanian yang biasa ditanam masyarakat di Desa Pakong.

1. Padi


Jepret Ala Kadarnya
Padi

2. Talas


Jepret Ala Kadarnya
Talas

3. Singkong


Jepret Ala Kadarnya
Singkong

4. Kacang Tanah


Jepret Ala Kadarnya
Kacang Tanah

5. Cabai Rawit


Jepret Ala Kadarnya
Cabai Rawit



6. Mentimun


Jepret Ala Kadarnya
Mentimun

Data Ragam Komiditas di Desa Pakong

Begitu ragam jenis tanaman yang terdapat di daerah dataran tinggi Desa Pakong. Sekian untuk hari ini, sampai jumpa di postingan berikutnya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Post a Comment